PT Terminal Teluk Lamong Catat Lonjakan Arus Petikemas 6,5% di Oktober 2025

detikhukum,id,- Surabaya (12 November 2025) – PT Terminal Teluk Lamong (TTL), anak usaha PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) yang mengelola tiga Terminal Petikemas (TPK) yaitu TPK Lamong, TPK Nilam, dan TPK Berlian, mengalami kenaikan signifikan pada kinerja operasionalnya. Hal ini sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. Pada Oktober 2025, PT Terminal Teluk Lamong (TTL) mencatat kenaikan arus petikemas sebesar 6,5%, dari 1.559.137 Teus di tahun 2024 menjadi 1.659.688Teus di tahun 2025.

Peningkatan signifikan terlihat pada arus petikemas internasional, ini dipengaruhi oleh tambahan layanan adhoc sebanyak 29 kapal, serta adanya layanan rute baru petikemas internasional baik Intra Asia, India Subcontinent, dan Middle East.

Muhammad Syukur, Direktur Operasi PT Terminal Teluk Lamong menjelaskan kenaikan arus petikemas internasional di TPK Lamong ini menunjukkan kepercayaan yang terus tumbuh dari pengguna jasa terhadap layanan TTL. “Kami akan terus menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tentunya dengan tetap mengedepankan environmental, Social dan Governance atau ESG agar berdaya saing tinggi” ujarnya.

Secara keseluruhan, dari Januari hingga Oktober 2025, TPK Lamong mencatat peningkatan arus petikemas internasional sebesar 14,4% dan Petikemas domestik sebesar 8,25% dari tahun sebelumnya. Kinerja positif juga dicatat oleh terminal lain yang dikelola TTL yakni TPK Berlian yang baru dikelola TTL sejak 1 Juli 2025, juga menunjukkan peningkatan kinerja dengan kenaikan arus petikemas sebesar 2,16%, dari 1.106.518 TEUs di tahun 2024 menjadi 1.130.410 TEUs di Tahun 2025.

Peningkatan ini sejalan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,04% pada Kuartal III 2025. Untuk meningkatkan layanannya TTL juga konsisten menerapkan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di semua terminalnya.

Standar K3 yang digalakkan TTL, seperti pengecatan marka jalan, pemasangan rambu keselamatan, dan sterilisasi area melalui screening ketat bagi seluruh orang yang beraktivitas di terminal. Jaminan terhadap keselamatan dan keamanan dalam layanan operasional terminal petikemas menjadi salah satu daya tarik PT Terminal Teluk Lamong di mata pengguna jasa. Mereka yakin petikemas akan di-handle dengan baik dan layanan kapal akan dijalankan dengan aman.

Dengan capaian yang positif serta komitmen berkelanjutan terhadap ESG, Terminal Teluk Lamong optimistis dapat menghadapi dinamika pasar yang semakin kompetitif dan terus memperkuat kontribusinya dalam mendukung perekonomian serta konektivitas logistik nasional maupun internasional.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Dahlia Permata Sari
Corporate Communication Manager
Jl. Raya Tambak Osowilangon KM 12
Surabaya – Indonesia
Telephone: 031 99001500
Email: humas@teluklamong.co.id

DH/ Yordani Emerald /red

Pos terkait