Pemerintah Kabupaten Purwakarta Terus Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Warganya

detikhukum.id, – Purwakarta- Salahsatu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang harus termanifestasi (terwujud atau dapat dilihat dengan mata) dalam wujud kehadirannya di berbagai aktivitas warga, terbaik bagi warganya. Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan, di Sukasari, Purwakarta, Rabu (23 /10/ 2024).

Menurutnya, sejumlah perangkat daerah di lingkungan Pemkab Purwakarta menggelar berbagai pelayanan yang dikemas dalam kegiatan gempungan di sejumlah titik wilayah Kecamatan Sukasari, di hadiri jajaran pejabat dan para kepala perangkat daerah mendampingi PJ Bupati.

Berbagai pelayanan publik tersebut, dipusatkan di halaman kantor Kecamatan Sukasari, panen pisang di Kampung Pagadungan Desa Kertamanah, peresmian Jembatan Sanggawale di Dusun I Desa Parungbanteng dan panen cabai di Dusun II Desa Parungbanteng.

Sejumlah bantuan kepada masyarakat setempat di sampaikan Pj Bupati secara simbolis diantaranya, bantuan peralatan Olahraga dari Disporaparbud, bantuan telur dari Diskanak Purwakarta dan bantuan bibit cabai juga benih padi nutri zinc dari Dispangtan Purwakarta.

Pj Bupati katakan, pelayanan publik ini kolaborasi pemerintah daerah dengan sejumlah steakholder lain.

Puluhan pelayanan publik bisa diakses langsung oleh masyarakat yang hadir dalam kegiatan gempungan tersebut.

“Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, memastikan akan terus meningkatkan kualitas pelayanannya dalam rangka memperhatikan kebutuhan pokok guna menunjang kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Purwakarta,” ungkap PJ Bupati

Kualitas pelayanan yang ditingkatkan itu diantaranya, pembuatan KTP, KK, KIA, pemeriksan kesehatan, USG ibu hamil, pelayanan kontrasepsi, pemeriksaan hewan ternak, pemberian bantuan telur, pelayanan internet oleh Diskominfo, pemberian bantuan benih padi, bibit cabai, penyerahan bantuan alat olahraga, pelayanan PBB, pembuatan kartu pencari kerja, pembuatan NIB, pelayanan samsat keliling, gerakan pasar murah, pelayanan BPJS ketenagakerjaan, pelayanan perbankan oleh Bank BJB dan lainnya” terang Pj Bupati murah senyum tersebut.

Pelayanan itu agenda lebih mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, warga tampak senang sekali, masyarakat kita ada mendaftar untuk jaminan kesehatan, karena dekat dengan mereka dan gratis juga,” jelasnya.

Hal ini menjadi bahan evaluasi jajaran pemerintahan, soal apa yang sudah Pemda lakukan selama ini, bagaimana penerimaannya oleh masyarakat, bagaimana manfaatnya bagi masyarakat, apa dampaknya bagi masyarakat, sudah baik atau belum,” ucapnya penuh tanya.

“Kalau belum apa yang perlu kita tingkatkan lagi. Ini sebagai media evaluasi juga. Nah, pada akhirnya bisa untuk dipersiapkan agar berbagai kebijakan tahun berikutnya bisa makin selaras dengan kebutuhan masyarakat,” harap Pj Bupati.

Menurutnya, forum-forum seperti ini sangat bagus, langsung dilaksanakan, langsung bertemu, antara yang melayani dengan yang dilayani, juga mendapatkan feedback harapannya seperti apa? Kemudian ke depan ini bisa berlanjut terus, tidak hanya di Sukasari, ” kata Pj.

“Seperti saya bilang tadi juga di kecamatan-kecamatan yang lain. Meskipun sebenarnya di kabupaten sudah ada yang MPP Bale Madukara itu, tapi lebih dekat lebih baik, bisa mendengar langsung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

DH/Laela/red

Pos terkait